BISNIS WALET-modal besar yg menjanjikan

Posted on Sabtu,18 April, 2009

3


Saya baru saja pulang dari Pangkalan Bun, sebuah kabupaten di propinsi Kalteng. Perjalanan darat dari Palangkaraya membutuhkan waktu kurang lebih 12 jam. Sebenarnya dulu ada pesawat dari Jakarta yang langsung ke sana cuma beberapa hari ini maskapai tersebut (L*nus) tutup tidak operasional.

Disaat-saat pesta demokrasi berlangsung saya malah pesiar ke Kalimantan, soalnya ada yang butuh sih. Ada teman yang meminta saya untuk memberi pendapat tentang prospek bisnis waletnya, untuk sekarang ini lagi mau membangun. Yah begitulah, sekedar memberikan pendapat saja.

Untuk anda yang punya niat membangun rumah walet, ini saya sampaikan sedikit pengetahuan tentang hal itu. Yang pertama apabila anda ingin cepat berhasil, rumah cepat terisi burung walet maka bangunlah rumah didekat rumah walet yang sudah berhasil. Otomatis anda akan terkena efeknya juga, itu sudah banyak buktinya. Kemudian yang kedua, usahakan rumah walet tersebut berada pada jalur pulangnya burung. Perhatikan saja arah terbangnya burung walet kemana mereka pulang pada sore hari maka bangunlah sarang di tengahnya. Seolah-olah sarang itu menghadang jalur terbangnya burung. Yang ketiga semakin tinggi bangunan akan semakin diminati oleh burung walet. Jarang kan ada rumah walet yang rendah. Kalaupun ada hasilnya tidak maksimal.

Mari kita berhitung investasi 1 rumah walet. Ukuran sedang 8x 20 meter dengan 3 lantai, untuk wilayah Pangkalan Bun kita gunakan biaya 2jt/m persegi berarti 8x20x2jt=320 jt. Kalikan 3 lantai berarti hampir 1 M. Bukan jumlah yang sedikit buat saya. Walaupun dapat ditekan hingga sekitar 600 jutaan. Kita belum masukkan biaya untuk membeli dan memasang speaker suara kicau burung yang dapat disetel otomatis hidup matinya, beserta perlengkapannya. Waaww

Tapi bila anda tetap berminat saya sampaikan, potensi wilayah masih terbuka lebar. Masih banyak tanah yang siap bangun seharga 200-300 rb/m. Aparat keamanan tidak terlalu banyak permintaan. Rumah walet belum terlalu ramai. Pokoknya sip dah. Promosi ini tidak ada biayanya he..he… Saya siap untuk diajak konsultasi, selebihnya anda yang menentukan