Tarot – antara logika dan gaib

Posted on Sabtu,22 Januari, 2011

0


Banyak terjadi perdebatan diluar negeri, apakah seorang tarot reader bisa bertahan di jalan logika, ataukah cepat atau lambat, dia juga harus ke jalan mistis? Selain itu, apakah tarot reader juga bisa langsung ke jalan mistis?

Sejujurnya, belajar dari pengalaman , memang ada 2 kubu; yaitu orang yang menggunakan tarot full analisa (logika), dan yang memakai kekuatan luar (mistis). Lucunya, kelompok yg memuja logika ini ada yang sering berusaha untuk menggeser image tarot yang mistis diantara para tarot reader dan menyalahkan tarot reader yang menggunakan pendekatan mistis untuk membacanya dengan berbagai alasan (terutama seringkali agama diapakai sebagai alasannya)

Saya  menyarankan; apabila anda belajar tarot, maka awal-awal belajarlah dari sisi logika dahulu (meskipun saya yakin ada yang merasa punya kemampuan mistis begitu membaca tarot untuk pertama kalinya). Kenapa? Supaya anda mengerti secara garis besar arti simbol simbol di tarot itu sendiri. Sehingga begitu mengambil satu kartu maka akan segera tahu artinya.

Pelajari simbol-simbolnya, kaitkan dengan hidup kalian sendiri dan klien. Dan pelajari juga psikologi seiring dengan semakin banyaknya jam terbang anda membaca untuk orang lain.

Nah, setelah anda menguasai tarot secara logika berikut psikologinya, barulah bagi yang ingin mempelajari mistis, untuk mulai mempalajarinya. Anda boleh percaya atau tidak, jembatan pengetahuan antara logika dengan mistis adalah ilmu yang disebut psikologi. Dengan bekal pengetahuan umum seputar psikologi, anda akan lebih mudah mencerna kenapa hal-hal yang disebut mistis itu bisa terjadi. Selain itu, dengan bekal psikologi tersebut, keragu-raguan anda dan pertentangan diri anda dengan berbagai ajaran dari agama anda justru semakin berkurang (kalau bisa dikatakan semakin ringan) karena anda sudah mengerti bagaimana mekanisme mistis bisa terjadi.

Timbul pertanyaan,  apakah dalam pembacaan tarot mutlak karena bantuan spirit/mistis?  Lalu bagaimana kemampuan alamiah manusia itu sendiri? Berapa porsinya?

Manusia memang punya kemampuan bahkan diatas malaikat, tergantung manusianya. Kemampuan manusia baca tarot itu bisa dari :cold reading, analisa simbol, channeling ke spirit di dalam tarot ( sangat cepat, kadang klien belum bertanya, baru pegang bungkus tarot saja, sudah ada jawaban yang panjang lebar)

anihika fudoh

Posted in: tarot